Dinas Perkim Bersama Pokja PKP Kabupaten Magetan Laksanakan Lokakarya KOTAKU Tk. Kabupaten

Strategi kolaborasi antar pemangku kebijakan merupakan upaya yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah dalam menangani kawasan kumuh yang ada dalam suatu kota atau kabupaten. Hal ini disampaikan oleh anggota Pokja PKP Kabupaten Magetan diwakili oleh ibu Artisa dari dinas Perkim kabupaten Magetan.

Sebab menurut beliau kolaborasi atau kerjasama bersyarat antar beberapa pihak menjadi faktor penentu terhadap capaian program KOTAKU, dimana tahapan pelaksanaannya transparan dan dan melalui penjaringan relawan peduli lingkungan.

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) ini adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung Gerakan 100-0-100, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Salah satu kegiatan rutin dalam siklus tahunan, Program KOTAKU Kabupaten Magetan melaksanakan lokakarya, dalam kegiatan lokakarya program ‘KOTAKU’ yang diselenggarakan oleh tim Askot Mandiri & Fasilitator kabupaten Magetan cluster Ponorogo secara virtual atau daring dan host di ruang rapat Bapppeda Litbang jalan Basuki Rahmat Timur, Magetan pada tanggal 17 dan 18 Nopember 2021.

Pada kesempatan itu juga diikuti oleh ibu Rekyan Puruhitasari selaku PPK wilayah 1 Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur dalam sambutan dan sekaligus membuka acara, program KOTAKU ini telah melalui berbagai tahapan di Pemerintahan yang melibatkan peran serta OPD dan partisipasi masyarakat sehingga menurunkan angka luasan kumuh sesuai SK Bupati Magetan, SK Kumuh Nomor 188/131/Kept./403.013/2020 sebesar 430,80 Ha menjadi 289,46 Ha atau berkurang sekitar 21,61 Ha. Angka capaian tersebut masih cukup rendah sehingga kedepan diharapkan Pemerintah Daerah menentukan strategi kolaborasi dengan dibentuk forum Pokja PKP.

Lokakarya yang diikuti kepala SKPD, Camat dan Kepala Desa serta forum LKM penerima bantuan. Dinas Perkim , Dinas PU, Dinas LH, Dinas Kesehatan, PMD dan Kominifo Kabupaten Magetan bersinergi dengan Pemerintah Propinsi maupun Pusat sehingga mendukung program KOTAKU untuk terus berkelanjutan. Abink

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *